Friday 20 April 2018

Penggunaan Kartu Debit GPN, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Penggunaan Kartu Debit GPN, Apa Kelebihan dan Kekurangannya? - Halo Sobat CerdasKTG, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul Penggunaan Kartu Debit GPN, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel atau postingan Artikel Bank BCA, Artikel BCA, Artikel Gerbang Pembayaran Nasional, Artikel GPN, Artikel Kartu ATM, yang saya tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : Penggunaan Kartu Debit GPN, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?
link : Penggunaan Kartu Debit GPN, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Baca juga


Penggunaan Kartu Debit GPN, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Kartu Debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sudah dirilis oleh beberapa bank di Indonesia. Salah satu bank swasta yang sudah memperkenalkan kartu debit berlogo GPN adalah BCA pada 16 April 2018 di Jakarta. Namun, apa sebenarnya Gerbang Pembayaran Nasional itu?

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah sistem transaksi pembayaran yang menghubungkan berbagai bank, sehingga kartu ATM/debit suatu bank bisa digunakan di ATM dan EDC bank lain secara nasional di Indonesia.

Peluncuran  Kartu Paspor BCA GPN
Peluncuran
Kartu Paspor BCA GPN

Pada tahap awal implementasi GPN dilakukan pada sistem pembayaran dengan kartu debit dahulu, ke depannya akan berkembang ke sistem pembayaran e-commerce dan kartu kredit, menurut penjelasan pak Pungky P. Wibowo, Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional

Coba dilihat, apakah terdapat logo Visa atau MasterCard pada kartu ATM yang kita miliki? Selama ini kartu debit berlogo Visa dan MasterCard yang kita pakai, menggunakan sistem pembayaran prinsipal asing. Sehingga ada biaya yang dibebankan dan sistem pembayarannya menjadi kurang efisien. Nantinya sebagai nasabah akan diwajibkan memiliki setidaknya satu kartu ATM/Debit GPN dari salah satu rekening bank yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan transaksi diproses menggunakan sistem pembayaran prinsipal asing secara internasional, padahal transaksi yang dilakukan adalah transaksi dalam negeri/lokal di Indonesia. Dengan diberlakukannya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sistem pembayaran bisa lebih efisiensi dan biaya transaksi bisa lebih rendah dengan jaringan pembayaran lokal.

Bagi nasabah dan pengguna kartu debit, pada saat berbelanja kini bisa menggunakan kartunya di EDC (mesin gesek) bank manapun. Selain itu juga biaya administrasi rekening yang dikenakan kepada nasabah menjadi lebih rendah. Salah satu contohnya, pada peluncuran Kartu Paspor BCA berlogo GPN  pak Santoso, Direktur BCA menyampaikan adanya penghematan biaya administrasi sebesar Rp.12.000 per tahun (Rp1.000 per bulan) bagi nasabah yang menggunakan kartu Paspor BCA berlogo GPN.

Biaya Administrasi  Kartu Paspor BCA GPN
Biaya Administrasi
Kartu Paspor BCA GPN

Berdasarkan informasi yang ada di website BCA, memang ada perbedaan biaya administrasi rekening antara kartu Paspor BCA berlogo GPN dan berlogo MasterCard. Pada kartu Paspor BCA GPN Blue dikenakan biaya Rp.14.000 per bulan, kartu Paspor BCA GPN Gold dikenakan biaya Rp.16.000, dan kartu Paspor BCA GPN Platinum dikenakan biaya Rp 19.000 per bulan.

Tiga Jenis Pilihan Kartu Paspor BCA GPN
Tiga Jenis Pilihan
Kartu Paspor BCA GPN

Sejak 16 April 2018 kartu Paspor BCA GPN bisa didapatkan di kantor cabang BCA wilayah Jabodetabek. Namun, perlu juga diketahui bahwa kartu Paspor BCA berlogo GPN tidak bisa digunakan di luar negeri, hanya untuk keperluan pembayaran transaksi di dalam negeri saja.

(Catatan: Penulis tidak sedang bekerjasama dengan BCA dan pihak terafiliasi dalam pembuatan tulisan ini. Penjelasan mengenai Paspor BCA GPN digunakan sebagai contoh ilustrasi saja. )

Sekian Artikel Penggunaan Kartu Debit GPN, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Sampailah kita pada akhir artikel Penggunaan Kartu Debit GPN, Apa Kelebihan dan Kekurangannya? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
sobat sekarang membaca artikel Penggunaan Kartu Debit GPN, Apa Kelebihan dan Kekurangannya? dengan alamat link https://cerdaskotamobagu.blogspot.com/2018/04/penggunaan-kartu-debit-gpn-apa.html


EmoticonEmoticon