Thursday 5 October 2017

Indonesia Knowledge Forum 2017 Hari Kedua: Manfaat Teknologi Digital untuk Pertumbuhan Bisnis

Indonesia Knowledge Forum 2017 Hari Kedua: Manfaat Teknologi Digital untuk Pertumbuhan Bisnis - Halo Sobat CerdasKTG, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul Indonesia Knowledge Forum 2017 Hari Kedua: Manfaat Teknologi Digital untuk Pertumbuhan Bisnis, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel atau postingan Artikel BCA Indonesia Knowledge Forum, Artikel IKF BCA, Artikel Indonesia Knowledge Forum, yang saya tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : Indonesia Knowledge Forum 2017 Hari Kedua: Manfaat Teknologi Digital untuk Pertumbuhan Bisnis
link : Indonesia Knowledge Forum 2017 Hari Kedua: Manfaat Teknologi Digital untuk Pertumbuhan Bisnis

Baca juga


Indonesia Knowledge Forum 2017 Hari Kedua: Manfaat Teknologi Digital untuk Pertumbuhan Bisnis

Pada Indonesia Knowledge Forum 2017 hari pertama, lebih banyak pembahasan tentang keadaan perekonomian digital Indonesia saat ini. Pada hari kedua pembahasan lebih banyak ke manfaat ekonomi digital bagi bisnis.


Diawali dengan sesi seminar "Bagaimana Menggabungkan Strategi Bisnis Offline dan Online" berdasarkan apa yang sudah dilakukan Alfamart oleh pak Anggara Hans Prawira, CEO PT Sumber Alfaria Trijayaja.


Kita tentu tak asing lagi dengan gerai toko berwarna merah yang hadir di dekat rumah kita, bernama Alfamart. Tahun ini Alfamart memasuku usia yang ke-17 tahun dan memiliki 13.376 gerai di seluruh Indonesia. Alfamart sejak tahun 2003 sudah mulai menggunakan channel digital untuk berbagi tips, pada 2010-2015 Alfamart mulai membangun aset digital, pada 2016-2018 pada masa konversi, dan mulai 2018 dilakukan personalizations. Bahkan saat ini di Alfamart menyediakan 330 Digital Avatar (DAV) untuk menempatkan iklan.



Alfamrt sukses membangun aset digital terutama di Official Account Line dengan 15 juta followers. Tahun lalu pada periode campaign Alfamart bersama Line, periode 22 Oktober-28 November 2016 terjadi penjualan 176 Milyar. Pada campaign koin Stawars Alfamart meraih reach 450 Juta di media sosial. Pelanggan Alfamart berdasarkan member yang terdaftar ada 8,5 juta orang, berusia 21-30 tahun, dan didominasi oleh perempuan.


Namun, Alfamart juga mempunyai pembelajaran dari Alfacart yang sempat berjalan satu tahun, 80% transaksi pembayaran dilakukan secara tunai di Alfamart dan 85% transaksi diambil di toko. Alfamart kini menempatkan Alfacart sebagai agregator untuk pembelian groceries. Alfacart menjadi bagian dari lima pilar bisnis Alfamart saat ini: Alfamart Micro Apps (AMA), Alfamind, Alfa Purchase Point, Alfacart as Aggregator, dan Alfagift.


Pada sesi selanjutnya pak Irvan Yasni, CTO Sinarmasland mempresentasikan, bagaimana Sinarmasland membangun BSD City untuk mendukung ekosistem bisnis digital. Di kawasan BSD City penataan kabel fiber optik diatur di area khusus bernama "Meet Me Room 1 dan 2", kemudian baru disalurkan ke rumah. Hal ini untuk mengantisipasi galian kabel fiber optik secara  sembarangan. Bahkan tersedia akses wifi public gratis, cukup  login via aplikasi One Smile. Sinarmasland juga menyediakan layanan Cloud yang sudah bekerjasama dengan berbagai negara.



Usai jam makan siang sesi dilanjutkan dengan sesi diskusi "Bagaimana Cara Menciptakan Ekosistem Kreatif dan Kolaborasi untuk mengembangkan Ekonomi Digital" bersama pak Alexander Rusli (CEO Indosat Ooredoo), Hengky Prihatna (Country Industry Head Google Indonesia), dan pak Kusumo Martanto (CEO Bliblicom). Pak Alexander memaparkan bagaimana mengubah budaya perusahaan di Indosat Ooredoo, pak Hengky memaparkan hasil riset Indonesia Venture Capital Outlook 2017, dan pak Kusumo menjelaskan kunci membangun ekosistem inovasi di Blibli.




Berlanjut ke sesi penutup dengan kesimpulan dari berbagai seminar Indonesia Knowledge Forum 2017 oleh pak Jahja Setiaatmadja, diharapkan bisa memberikan pengetahuan untuk pengembangan bisnis lewat pemanfaatan ekonomi digital. Berlanjut ke Inspire Closing Speech oleh Pak Ignatius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.


Pak Jonan berbagai pengalaman menerapkan teknologi di PT Kereta Api Indonesia untuk melakukan transformasi bisnis. Hal itu berdampak pada pendapatan PT KAI yang meningkat. Saat dipercaya menjadi Menteri Perhubungan RI pak Jonan mengagas aplikasi untuk memantau waktu penerbangan maskapai. Saat ini sebagai Menteri ESDM dimplementasikan teknologi lewat berbagai aplikasi One Map ESDM, aplikasi Monitoring Produksi Batubara, aplikasi Sistem Perizinan Online, Dashborad Biro Keuangan, dan aplikasi Magma Indonesia

Pak Jonan mengajak seluruh peserta untuk menonton video dari Jack Ma tentang kebutuhan EQ, IQ, and LQ, juga video bagaimana pemerintah India memperlakukan sistem lesscash yang kini sudah menjangkau 90% penduduk India. Seluruh peserta diajak untuk fleksibel dalam menghadapi perubahan dan memanfaatkan ekonomu digital untuk terus mengembangakan inovasi bisnis.


Sekian Artikel Indonesia Knowledge Forum 2017 Hari Kedua: Manfaat Teknologi Digital untuk Pertumbuhan Bisnis

Sampailah kita pada akhir artikel Indonesia Knowledge Forum 2017 Hari Kedua: Manfaat Teknologi Digital untuk Pertumbuhan Bisnis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
sobat sekarang membaca artikel Indonesia Knowledge Forum 2017 Hari Kedua: Manfaat Teknologi Digital untuk Pertumbuhan Bisnis dengan alamat link https://cerdaskotamobagu.blogspot.com/2017/10/indonesia-knowledge-forum-2017-hari.html


EmoticonEmoticon