Saturday 4 November 2017

Bantuan CSR dan Penyaluran KUR Bank Mandiri, Mendukung Program Perhutanan Sosial Muara Gembong

Bantuan CSR dan Penyaluran KUR Bank Mandiri, Mendukung Program Perhutanan Sosial Muara Gembong - Halo Sobat CerdasKTG, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul Bantuan CSR dan Penyaluran KUR Bank Mandiri, Mendukung Program Perhutanan Sosial Muara Gembong, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel atau postingan Artikel Bank Mandiri, Artikel CSR, Artikel Kegiatan Sosial, Artikel Lingkungan, yang saya tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : Bantuan CSR dan Penyaluran KUR Bank Mandiri, Mendukung Program Perhutanan Sosial Muara Gembong
link : Bantuan CSR dan Penyaluran KUR Bank Mandiri, Mendukung Program Perhutanan Sosial Muara Gembong

Baca juga


Bantuan CSR dan Penyaluran KUR Bank Mandiri, Mendukung Program Perhutanan Sosial Muara Gembong

Daerah Muara Gembong, Kabupaten Bekasi  daerah yang cukup asing di telinga, saya pun tak mengetahui ada daerah tersebut di daerah Bekasi. Sayapun mencari informasi lokasi dan kehidupan masyarakat di Muara Gembong yang terkena dampak dari abrasi, akibat hilangnya Hutan Mangrove seluas 12 hektare sebagai benteng alami yang dialihfungsikan menjadi tambak. Pemerintah menaruh perhatian pada masyarakat Muara Gembong, presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.


Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Perum Perhutani menginisiasi program Perhutanan Sosial di Muara Gembong. Didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan penyediaan input produksi, rehabilitasi produksi, dan pendampingan teknis, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan rehabilitasi jalan produksi, dan Bank Mandiri dengan dukungan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta hasil produksi tambak akan dibeli oleh Perum Perindo.



Pada pukul 09.00 saya dan beberapa rekan blogger berkesemapatan datang ke Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Perjalanan selama dua jam kami tempuh dari kota Bekasi menuju ke sana, kesan pertama yang saya alami saat sampai di Muara Gembong adalah hilangnya sinyal beberapa operator selular di smartphone teman. Syukurlah saat saya melihat smartphone saya, ternyata Telkomsel masih mendapatkan sinyal 4G di Muara Gembong.


Pada pukul 11.00 presiden Jokowi datang ke lapangan Kelurahan Pantai Bakti, Muara Gembong. Pak Dedi Mizwar, wakil gubernur Jawa Barat menyatakan pemerintah daerah siap mendukung program pemerintah pusat. Dilanjutkan dengan laporan kepada presiden oleh pak Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menyampaikan dukung secara ekonomi lewat KUR dengan bunga 9% Bahkan mulau tahun depan direncanakan bunga KUR menjadi 7%, sehingga petambak di Muara Gembong bisa mndapatkan akses permodalan usaha lewat pembiayaan KUR.


Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat hak guna hutan negara kepada masyarakat Muara Gembong. Sehingga masyarakat diijinkan memanfaatkan dan menjaga  hutan negara negara, berlaku skema 1:1 sehingga setiap satu petak tambak, juga harus ada satu petak mangrove. Pemerintah mengalokasikan 830,55 hektar proyek demplot dan 17,2  hektar pada program tahap awal sebagai lahan yang dikelola pemerintah bersama masyarakat lewat program Perhutanan Sosial Pantai Bakti, Muara Gembong.



Presiden Jokowi berpesan kepada masyarakat untuk menjaga sertifikat hak guna hutan negara yang berlaku selama 35 tahun. Masyarakat memanfaatkan lahan untuk tambak sehingga produktif dan bisa menghasilkan potensi 7 ton per hektar udang. Dalam hal permodalan petambak akan dibantu oleh Bank Mandiri lewat pembiayaan KUR. Tiga orang  masyarakat yang hadir diberikan kesempatan menyampaikan harapannya secara langsung kepada presiden. Presiden pun mendengarkan setiap harapan masyarakat, tiga orang tersebut mendapatkan hadiah sepeda dari presiden Jokowi.





Presiden Jokowi kemudian pergi menuju ke tambak dengan sepeda motor. Presiden Jokowi didampingi oleh Pak Tiko, Direktur Utama Bank Mandiri dan pejabat terkait lainnya untuk menebarkan 200.000 ekor benih udang Vaname di lahan seluas 4.000 m2, sebagai dimulainya program perhutanan sosial di  kawasan budidaya tambak udang Vaname. Presiden Jokowi pun secara langsung bersalaman, berbincang, dan melihat langsung kegiatan masyarakat di tambak.


Pembiayaan KUR Bank Mandiri kepada masyarakat Muara Gembong menggunakan skema: pembayaran KUR dilakukan usai penjualan hasil panen kepada Perum Perindo, lalu dipotong kewajiban pembayaran kredit ke bank. Selain itu juga Bank Mandiri menyerahkan bantuan CSR berupa: revitalisasai tambak, saung, menara pantau, tempat penampungan hasil tambak, kincir air, instalasi listrik, alat pakan otomatis, genset, pengerasam jalan, dan sumur bor diserahkan kepada Lembaga Masyarkat Desa Hutan (LMDH) Mina Bakti.

(Foto presiden Jokowi di Tambang Muara Gembong oleh Laily Rachev -Biro Pers Setpres)

Sekian Artikel Bantuan CSR dan Penyaluran KUR Bank Mandiri, Mendukung Program Perhutanan Sosial Muara Gembong

Sampailah kita pada akhir artikel Bantuan CSR dan Penyaluran KUR Bank Mandiri, Mendukung Program Perhutanan Sosial Muara Gembong kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
sobat sekarang membaca artikel Bantuan CSR dan Penyaluran KUR Bank Mandiri, Mendukung Program Perhutanan Sosial Muara Gembong dengan alamat link https://cerdaskotamobagu.blogspot.com/2017/11/bantuan-csr-dan-penyaluran-kur-bank.html


EmoticonEmoticon