Thursday 26 April 2018

Inspirasi Pijar Ilmu, Bersama Asuransi Astra Memajukan Pendidikan Indonesia

Inspirasi Pijar Ilmu, Bersama Asuransi Astra Memajukan Pendidikan Indonesia - Halo Sobat CerdasKTG, Pada Artikel yang sobat baca kali ini dengan judul Inspirasi Pijar Ilmu, Bersama Asuransi Astra Memajukan Pendidikan Indonesia, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk sobat baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi artikel atau postingan Artikel Asuransi Astra, Artikel CSR, Artikel Kampanye Sosial, Artikel Kegiatan Sosial, yang saya tulis ini dapat sobat pahami. baiklah, selamat membaca.


Judul : Inspirasi Pijar Ilmu, Bersama Asuransi Astra Memajukan Pendidikan Indonesia
link : Inspirasi Pijar Ilmu, Bersama Asuransi Astra Memajukan Pendidikan Indonesia

Baca juga


Inspirasi Pijar Ilmu, Bersama Asuransi Astra Memajukan Pendidikan Indonesia

Asuransi Astra kembali mengadakan kegiatan CSR pada kesempatan kali ini melalui kampanye sosial Pijar Ilmu. Setelah tahun lalu melalui kampanye sosial Berkah Senyum, saya mendapat kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan sosial #BerkahSenyum Asuransi Astra.

Pengalaman mengikuti kegiatan Berkah Senyum tahun lalu, memberikan kesan tersendiri, bisa berbuka puasa bersama dengan kakek dan nenek penghuni wreda menjadi momen yang tidak terlupakan. Pada tahun ini ketika Asuransi Astra tahun lalu membagikan "Peace of Mind" kepada para manula, pada tahun ini melalui kampaye sosial Pijar Ilmu, Asuransi Astra kembali membagikan "Peace of Mind" kepada murid dan guru sekolah dasar.



Karena pada faktanya yang membuat saya sejenak terdiam ketika mengetahui sebanyam 2,5 juta anak Indonesia tidak bisa menikmati pendidikan lanjutan. Berdasarkan pada data UNICEF pada tahun 2016, terdapat usia anak usia Sekolah Dasar (SD) sebesar 600ribu dan 1,9 juta anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Beberapa penyebabnya sebesar 47,3% dikarenakan terkendala biaya, 31% karena ingin membantu orang tua bekerja, dan 9,4% karena ingin melanjutkan pendidikan formal. Sehingga perlu ada upaya penanggulangan dengan memberikan motivasi dan dukungan agar anak-anak berkeinginan melanjutkan pendidikan.

Kick Off Pijar Ilmu Asuransi Astra sudah dilakukan pada pada 12 April 2018 di SDN Wijaya Kusuma 02 Pagi oleh Pak Rudy, CEO Asuransi Astra. Kampanye sosial Pijar Ilmu terdiri dari beberapa kegiatan: kelas inspirasi, workshop manajemen kepemimpinan dan keuangan kepada guru, dan revitalisasi perpustakaan di berbagai wilayah di Indonesia. Berbagai kegiatan dilakukan pada daerah Jatabek, daerah non Jatabek, dan daerah Non Ring 1 (Majene, Jombang, dan Aceh Barat Daya).

Pak Iwan Pranoto, Head of Communication & Event Asuransi Astra menyampaikan "Sebagian besar kegiatan Pijar Ilmu dilakukan di wilayah dekat adanya Kampung Berseri Astra, tetapi tak menutup kemungkinan dilakukan di daerah lainnya." Masyarakat bisa turut mendukung kampanye sosial Pijar Ilmu melalui berbagai cara: kontes foto, donasi buku, dan kelas inspirasi Pijar Ilmu.



Asuransi Astra bekerjasama dengan Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) untuk pelaksanaan Kelas Inspirasi di berbagai kota. Ada penyebab tersendiri mengapa RuBI yang dipilih, hadir juga Meylin Chisilia perwakilan dari RuBI menjelaskn kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan.

Relawan yang bergabung di RuBI adalah kalangan profesional yang bersedia membagikan ilmunya kepada guru, kepala sekolah, dan penggerak pendidik (sebagai peserta) di daerah pelosok. Relawan RuBI terdiri dari Relawan Narasumber dan Relawan Dokumentator secara sukarela berangkat atas biaya sendiri ke daerah.


Kegiatan RuBI mengusung konsep Training for Trainers, sehingga peserta pelatihan dapat mengajarkan materi yang diperoleh kepada teman-temannya yang lain. Melalui berbagai kegiatan lanjutan dari RuBI di lingkup yang lebih kecil. Tidak terbayangkan bagaimana suasana dan keadaan di sana, jika harus tinggal beberapa hari daerah yang susah sinyal dan tanpa adanya hiburan seperti kota.

Namun ternyata saat ini sudah ada 47 daerah yang didatangi RuBI dengan total 5.047 peserta pada tahun 2015-2017, pada tahun 2017 total peserta 1.501 peserta dengan 85 relawan narasumber dan 33 relawan dokumentasi. Saya mengapresiasi tim dan relawan RuBI yang berkunjung ke berbagai daerah untuk membagikan ilmunya. Terlebih dalam pelaksaaan Kelas Inspirasi Pijar Ilmu, ternyata tak hanya relawan RuBI saja.

Pelaksanan kampanye sosial Pijar Ilmu pun bertepatan dengan momen Hari Pendidikan Nasional, karyawan Asuransi Astra akan menjadi relawan Kelas Inspirasi di berbagai sekolah dasar untuk anak-anak. Sedangkan jajaran manager hingga direktur Asuransi Astra akan memberikan pelatihan manajemen kepemimpinan dan keuangan kepada para tenaga pendidik. Selain itu untuk meningkatkan minat baca, Asuransi Astra melakukan revitalisasi perpustakaan di sekolah tersebut.

Sekian Artikel Inspirasi Pijar Ilmu, Bersama Asuransi Astra Memajukan Pendidikan Indonesia

Sampailah kita pada akhir artikel Inspirasi Pijar Ilmu, Bersama Asuransi Astra Memajukan Pendidikan Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk sobat semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
sobat sekarang membaca artikel Inspirasi Pijar Ilmu, Bersama Asuransi Astra Memajukan Pendidikan Indonesia dengan alamat link https://cerdaskotamobagu.blogspot.com/2018/04/inspirasi-pijar-ilmu-bersama-asuransi.html


EmoticonEmoticon