Asal usul 160 karakter SMS

00:08
mau tahu? Okeh, kita akan mengulasnya untuk sahabat.

Ide batasan 160 karakter di SMS ini diciptakan oleh Friedhelm Hillebrand, pengembang telekomunikasi dari Deutsche Telekom Jerman.

Pada tahun 1985, saat malam hari, Hillebrand duduk di kamar rumahnya sambil terus mengoceh dengan melontarkan sejumlah pertanyaan. Saat itu, juru ketiknya diminta untuk mengetik setiap kata yang diucapkan oleh Hillebrand.

Nah, setelah selesai mengoceh, Hillebrand kemudian menghitung huruf, angka, jeda huruf, tanda baca, dan spasi. Ternyata dia menemukan hampir setiap ocehan yang terdiri dari satu atau dua baris hampir terdiri dari 160 karakter.

Hillebrand yang pada saat itu berusia 45 tahun, mengatakan penemuannya sangat tepat. Karena saat itu pakar telekomunikasi memang sedang mengembangkan untuk membuat standar adanya sebuah teknologi yang memungkinkan ponsel untuk mengirim dan menayangkan pesan tulisan.

Kemudian, dalam pertemuan kelompok pengembang GSM (Global System for Mobile Communications) tahun 1985, Hillebrand bersama temannya Bernard Ghillebaert mencetuskan ide 160 karakter itu, deh. Ide ini pun diterima dan menjadi standar jumlah karakter dalam sebuah SMS. Wah, hebat!

Meski Hillebrand sempat mendapat tentangan dari salah satu temannya, dia tetap optimis dan membuktikannya.

Benar saja, saat itu atau bahkan sampai saat ini pesan teks melalui SMS banyak digunakan dan semakin populer. Bahkan popularitas Hillebrand semakin terasa berkat seorang anak muda bernama Jack Dorsey yang menciptakan jejaring sosial bernama twitter.

Kalian tahu dong twitter, jejaring sosial selain facebook yang sedang digandrungi mulai dari anak-anak sampai orangtua? Ya, twitter mengadaptasi karya Hillebrand menjadi 140 karakter untuk tiap tweetnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔